Kab.Sintang
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Museum Dara Juanti Sintang

Museum Dara Juanti Sintang


Museum Dara Juanti Sintang yang terletak di Kapuas Kiri Hulu, Sintang, Kapuas Kiri Hilir, Kec. Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat 

Museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagai bukti sejarah peradaban daerah Sintang sekaligus sebagai bekas lokasi pusat pemerintahan Kerjaan Sintang, yaitu Istana Al – Mukarramah. 

Di dalam museum ini juga terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti adanya Mariam raja Suka, batu kundu dan beberapa meriam yang bersaral dari Demong Irawan. 

Selain benda benda tersebut terdapat silisilah raja – raja yang pernah memerintah pada masa kerjaan Sintang dan terdapat pula naskah Al Quran yang ditulis tangan oleh Sultan Nata.

Beberapa benda-benda peninggalan yang ada di museum ini antara lain sebagai berikut:

Di dalam Museum Dara Juanti terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti adanya meriam raja Suka, gundukan tanah yang berasal dari kerajaan Majapahit, tujuh buah meriam anak raja Suka

Beberapa kopak batu, meriam raja Beruk, alat musik asli dari suku dayak, serta masih banyak lagi peninggalan sejarah yang ada di dalam museum tersebut yang bisa Anda ketahui saat Anda berkunjung ke Museum Dara Juanti.

Benda bersejarah yang lainnya yang ada di istana adalah sebuah peninggalan yang berasal dari Demong Irawan (pendiri kerajaan) seperti situ batu kundu dan beberapa meriam sebagai lambang berdirinya kerajaan Sintang.

Pada serambi depan istana terdapat silsilah raja-raja yang pernah memerintah pada saat kerajaan Sintang serta terdapat salinan undangan adat kerajaan Sintang dan naskah Al quran tulisan tangan Sultan Nata.

Istana ini juga masih menyimpan barang-barang hantaran Patih Logender (seorang perwira dari Majapahit) ketika meminang Putri Dara Juanti (putri Demong Irawan—pendiri Kerajaan Sintang), antara lain seperangkat gamelan, patung garuda dari kayu, serta gundukan tanah dari Majapahit.
SHARE

About Mina

0 comments :

Post a Comment

Recommended