Kab.Sintang
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia
Home » , » Istana Al-mukarramah Kesultanan Sintang

Istana Al-mukarramah Kesultanan Sintang


Istana Al-mukarramah Kesultanan Sintang atau Keraton Sintang merupakan cagar budaya historis yang terletak di Jalan Bintara, Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Bangunan tropis dan arsitektur rumah tinggal Belanda yang ke dalam tiga bangunan simetris seluas 652 meter persegi ini dibangun pada tahun 1937 masa pemerintahan raja ke-24 yaitu Raden Abdul Bachri Danu Perdana.

Berdasarkan catatan sejarah, Kerajaan Sintang didirikan oleh Demong Irawan sekitar abad ke-13 atau 1262 Masehi di wilayah saka tiga atau pertemuan Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

                                          

Pendirian kerajaan baru ini ditandai dengan penanaman Batu Kundur oleh Demong Irawan, yaitu batu berbentuk phallus yang hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Batu Kundur tersebut saat ini berada tepat di depan Kompleks Istana Al Mukarrammah Kesultanan Sintang. Bangunan istana atau pusat pemerintahan Kerajaan Sintang yang dibangun oleh Demong Irawan berada di wilayah pertemuan Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.

Hingga kini bangunan keraton masih berdiri tegak. Rangka kayu dengan pondasi tiang tongkat bersepatu beton jadi kontruksi utama.Atap istana menggunakan atap sirap kayu belian dan lantai berbahan dasar kayu belian.

Istana Al-mukarramah sendiri merupakan saksi awal mula berdirinya kota Sintang hingga menjadi pusat pemerintahan yang terletak di tempat strategis, di dalamnya masih tersimpan berbagai benda warisan cagar budaya.

Perpaduan antara bangunan tropis dan arsitektur rumah tinggal Belanda yang ke dalam tiga bangunan simetris.

Hingga kini bangunan keraton masih berdiri tegak. Rangka kayu dengan pondasi tiang tongkat bersepatu beton merupakan kontruksi utama. Atap istana menggunakan atap sirap kayu belian. Lantai berbahan dasar kayu belian ketebalan 3 cm.

Saat ini Istana Al-mukarramah Kesultanan Sintang dipimpin oleh HRM Ikhsani Perdana Ismail Tsafioeddin, yang bergelar Pangeran Ratu Sri Kesuma Negara V yang telah dinobatkan sebagai Sultan Sintang ke-30.

Secara keseluruhan Istana Al Mukarrammah Sintang memiliki luas bangunan sekitar 652 m2.
SHARE

About Mina

0 comments :

Post a Comment

Recommended